Friday, December 2, 2011

Sarah Burton, Desainer Inggris Terbaik 2011

Sarah Burton
Tahun ini memang tahunnya Sarah Burton. Berkat sumbangsihnya pada pernikahan putra mahkota Kerajaan Inggris, desainer Alexander McQueen ini diganjar penghargaan sebagai Desainer Terbaik 2011 di British Fashion Award.

Gaun pengantin Duchess of Cambridge Kate Middleton dan sang adik, Pippa, sudah memukau jutaan pasang mata yang menyaksikan pernikahan termegah abad ini. Dua karya itu membuat Burton menjadi sosok yang berpengaruh di dunia fesyen.

Maka itu, tak mengherankan bila ia menerima penghargaan utama mode di British Fashion Awards sebagai Desainer Terbaik 2011."Tahun ini memang benar-benar menakjubkan," kata Burton saat menerima penghargaan itu dari Samantha Cameron.

Meski ada pula tokoh fesyen lain seperti Victoria Beckham yang mendapat penghargaan kategori desain merek terbaik 2011, sosok Burton-lah yang menjadi bintang.

Terlahir dan dibesarkan di Manchester dengan empat saudara, 36, menempuh pendidikan Manchester Polytechnic mendapatkan ijazah diploma dalam bidang seni dasar sebelum pindah ke London untuk belajar mode cetak di Central St Martins.


Alexander McQueen


Ia melakukan kerja magang selama satu tahun di Alexander McQueen selama tahun ketiganya di universitas. Setelah lulus pada 1997, ia kembali bekerja di McQueen. Ia diangkat menjadi kepala womenswear pada 2000 dan bekerja sebagai tangan kanan McQueen hingga kematiannya pada Februari 2010. Akhirnya, Burton pun dikukuhkan sebagai pengganti McQueen pada 27 Mei 2010.

Pada 29 April 2011, terungkap bahwa Burton adalah orang yang merancang gaun pengantin Kate Middleton untuk pernikahannya dengan Pangeran William, Duke of Cambridge. Karya Burton mencuri perhatian Middleton pada 2005 ketika ia menghadiri pernikahan Tom Parker Bowles, putra Duchess of Cornwall. Saat itu, McQueen mendesain gaun pengantin untuk sang mempelai perempuan, wartawan Sara Buys. Burton pun menyatakan mendesain gaun pengantin kerajaan telah menjadi pengalaman luar biasa seumur hidupnya.

Selain gaun pernikahan Kate, Burton merancang gaun pendamping pengantin Pippa Middleton dan gaun malam Kate yang dipakainya ke pesta pernikahan pada malam harinya. Kini, Burton tinggal di St Johns Wood dengan suaminya, David Burton, seorang fotografer fesyen

No comments:

Post a Comment