Thursday, December 22, 2011

Gaet Penonton, Rafi Film Terapkan Strategi Lama

Salah satu adegan My BBG.
Rafi Film mempraktekkan strategi lama untuk menggaet masyarakat Indonesia agar berbondong-bondong datang ke bioskop dan menonton film terbarunya; “My Blackberry Girlfriend (My BBG) ” yang mulai tayang 29 Desember 2011. Yakni, menjanjikan lima unit Blackberry bagi penonton yang beruntung.

Strategi ini tertulis jelas pada poster film yang dibintangi Fathir Muchtar dan Luna Maya itu, dan dipajang di berbagai bioskop di Ibukota, antara lain di bioskop Grand, Senen, Jakarta Pusat. Dalam penjelasan di poster itu, Rafi Film menyarankan, jika penonton ingin mendapatkan Blackberry yang disediakan, maka kirimkan potongan karcis “My BBG” berikut foto copy KTP ke PO BOX XXXX paling lambat Januari 2012.

Trik menarik penonton ini bukan strategi baru karena dulu, di era 1990-an, JK Record, sebuah perusahaan rekaman yang banyak menelorkan lagu-lagu cengeng dan sukses mengorbitkan sederet penyanyi seperti Dian Pisesha, Meriam Bellina, dan Obie Mesakh, juga mempraktekkan strategi ini. Cuma bedanya yang ditawarkan JK kepada pembeli kaset yang diproduksinya adalah mobil atau motor.

Sulit dielakkan bahwa strategi yang diterapkan Rafi Film ini merupakan upaya untuk mengantisipasi makin turunnya jumlah penonton film Indonesia di seluruh Indonesia. Aktor senior yang juga sutradara, Deddy Mizwar, bahkan mengatakan bahwa kondisi perfilman Indonesia saat ini menunjukkan gejala seperti ketika akan mati suri pada era 1980-an, sebelum akhirnya dibangkitkan kembali oleh Miles Film melalui film “Petualangan Sherina” pada tahun 2000.

“Saat ini film Indonesia memang sedang bangkit dan terus berkembang, tapi akan mati lagi dengan sendirinya karena pola perkembangannya sama dengan tahun 1980-an, yakni lebih mengedepankan tema horor, komedi, atau seks yang tidak meningkatkan mutu film,” katanya.

Diakui, tema-tema ini membuat masyarakat Indonesia jenuh pada film-film buatan negeri sendiri. Apalagi karena film impor banyak yang jauh lebih bagus.

Apakah strategi Rafi Film akan membuat “My BBG” akan dibanjiri penonton? Waktu yang akan membuktikan. Meski Rafi mengklaim, film ini diilhami cerita online terbaik 2010.

No comments:

Post a Comment