Sunday, December 25, 2011

10 Film Mancanegara Terbaik 2011

Sulit memungkiri bahwa film-film asing, terutama yang diproduksi di Amerika, memiliki kualitas di atas rata-rata, baik dari segi cerita, penyutradaraan, efek, maupun lagu-lagunya. Namun, tentu saja, di antara yang yang terbaik yang diluncurkan sepanjang Januari hingga Desember 2011, ada yang terbaik dengan indikasi utama kemampuan menyedot penonton sebanyak-banyaknya, meraih untung besar, dan memiliki kualitas.

Berdasarkan data yang dikompilasikan dari berbagai sumber, ini lah film-film asing terbaik 2011 versi The Intermezo.

 

1. Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2


Film yang dirilis pada Juli 2011 ini dianggap sebagai penutup sekuel film Harry Potter yang sempurna. Di angkat dari novel karya JK Rowling, cerita film ini nyaris tanpa cacat dengan suguhan efek yang nyaris sempurna. Pada pekan pertama penayangan, film ini meraup pemasukan sebesar US $1,5 juta. Perhitungan terakhir, film ini meraup penghasilan sebsar US $1 miliar. 




2. The Adventurer of Tintin


Film karya sutradara bertangan dingin Steven Spielberg ini sempat menduduki puncak box office di seluruh daratan Eropa dan Amerika pada penanyangan perdana pada 2 November 2011. Hanya dalam tiga hari, film ini meraih pemasukan sebesar US $56,1 juta.





3. The Tree of Life


Film yang dibintangi Brad Pitt dan bercerita tentang sebuah keluarga yang memiliki anak pengidap trauma ini meraih penghargaan Palme d'Or di Festival Film Cannes 2011. Film yang dirilis pada Mei 2011 ini meraup pendapatan sebesar US$ 90,1 juta. Sayang, film bagus ini tak mampu mendaki puncak box office karena kalah bersaing dengan film berteknologi efek visualisasi tinggi.





4. Contagion


film yang bercerita tentang penyebaran virus mematikan ini dibintangi sederet aktor dan artis terkenal seperti Matt Damon, Kate Winslet, Gwyneth Paltrow, Jude Law, dan Marion Cotillard. Dalam tiga hari penanyangan setelah dirilis pada 21 Oktober 2011, film ini langsung nangkring di puncak box office dengan pemasukan mencapai US $12,1 juta.




5. Captain America: The First Avenger


Film yang dirilis 22 Juli 2011 ini sukses menggeser film Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2 dari puncak box office pada penayangan perdana di bioskop-bioskop Amerika Serikat, Amerika Latin dan Kanada dengan pemasukan mencapai US $65,8 juta. Film ini bahkan termasuk film sukses yang diadaptasi dari serial komik anak-anak setelah Superman, Batman, Fantastic Four, dan Spiderman.



6. Rise of the Planet of the Apes


Film ini sempat menduduki puncak box office selama lebih dari sepekan di Amerika Serikat, Amerika Latin, dan Kanada. Juga duduk di puncak box office saat tayang di Eropa dan belahan dunia lain. Hanya tiga hari penanyangan, film ini langsung meraih penghasilan sebesar US $27,5 juta.




7. The Hangover 2


Film yang dirilis Mei 2011 ini sempat mengejutkan para pengamat film dunia, karena film komedi yang bercerita tentang pelarian sekelompok pria ke Las Vegas ini mampu merajai box office dengan pemasukan sebesar US $118 juta hanya untuk wilayah edar di AS, plus 59 juta dolar AS dari peredaran internasionalnya. Penghasilan ini hanya diraih dalam waktu empat hari sejak dilaunching.







8. Transformers: Dark Of The Moon


Film yang dirilis Juli 2011 ini menjadi film yang paling banyak ditonton pada pekan pertama dan kedua pasca dilaunching. Film produksi Paramount picture ini memperoleh US $97,4 juta hanya dalam tiga hari penayangan di bioskop-bioskop di Kanada, Amerika Serikat dan Amerika Latin. Pemasukan ini malempaui pemasukan Sipder-Man 2 yang dirilis pada Juli 2011, yakni dengan pemasukan sebanyak US $88,2 juta.






9. Super 8


Film karya Steven Spielberg ini langsung menyodok ke puncak box office pada pekan perdana penayangannya di seluruh Amerika Serikat, Amerika Latin dan Kanada. Di daratan Eropa dan Asia, film ini juga mampu menyedot banyak penonton, terutama dari kalangan remaja. Hanya dalam tiga hari penayangan, film ini langsung menggebet pemasukan sebesar US $37 juta.



10. The Twilight Saga: Breaking Dawn: Part 1


Seperti sekuel-sekuel sebelumnya, film ini juga sukses menyedot banyak penonton pada setiap pemutarannya di bioskop-bioskop. Bahkan pada tiga hari pertama penayangannya di akhir pekan bulan November 2011, film ini langsung menangguk penghasilan sebesar US $114 juta. Film ini bahkan berhasil mencetak rekor dengan menempati posisi 5 film dengan pendapatan terbesar sepanjang masa pada penayangan di pekan perdana setelah Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2, The Dark Knight, Spider-Man 3, dan seri film Twilight Saga sebelumnya, yakni New Moon.

Kesuksesan film ini memang telah diprediksi banyak pengamat, karena beberapa pekan sebelum rilis, tiketnya untuk pemutaran hari pertama sudah habis terjual. Bahkan para remaja di Amerika rela menginap dan membuat tenda demi menantikan perilisan film fenomenal yang satu ini.

No comments:

Post a Comment