Monday, January 3, 2011

7 Sutradara Top Hollywood


Kesuksesan sebuah film tidak terlepas dari tangan dingin sutradaranya, karena ibarat koki, sutradara lah yang mengolah menu yang disediakan produser hingga menjadi sebuah tontonan yang apik, enak ditonton, berkesan, dan tak sedikit pula yang memberikan masukan berarti bagi penontonnya.

Anda pasti telah menonton film fenomenal seperti Jurassic Park, The Day After Tommorow, 2012, Titanic, Lord of The Ring, Matrix, dan sederet film oke lainnya. Nah, jika Anda ingin tahu sutradara Hollywood yang mana saja yang dianggap hebat, ini dia datanya yang dikutip VIVAnews dari IMDb.com. Situs ini membuat daftar setelah melakukan jajak pendapat, dan melebelinya dengan kalimat; 'Sutradara Top Hollywood Dalam 2 Dekade Terakhir'.

1. Steven Spieldberg

Sutradara Kelahiran Cincinati, Amerika Serikat, pada 18 Desember 1946 ini mulai diperhitungkan setelah sukses menggarap film Jaws (1975). Namanya kian berkibar setelah film E.T. the Extra-Terrestrial (1982) juga sukses gemilang, disusul Jurassik Park (1993) dan dua sekuelnya, dan terakhir Transformer (2009 dan 2010). Namun demikian, sutradara keturunan Yahudi ini justru menyabet tiga oscar lewat film perang berjudul 'Schindler's List' (1993) untuk kategori sutradara dan film terbaik, serta 'Saving Private Ryan' (1998) untuk kategori sutradara terbaik. Tak heran jika dia menduduki posisi puncak dalam daftar surtradara top Hollywood.




2. Clint Eastwood

Sutradara kelahiran 31 Mei 1930 ini awalnya merupakan aktor film-film western (cowboy). Karirnya di dunia entertain berawal dari keterlibatannya dalam serial televisi berjudul Rawhide (1959–65), setelah itu karirnya berkembang, bahkan hingga merambah dunia musik dengan menelorkan sejumlah album, diawali dengan single 'Known girl' pada 1961. Kesuksesan Eastwood sebagai sutradara ditandai dengan keberhasilannya menyabet Oscar sebagai sutradara terbaik untuk film 'Unforgiven' (1992) dan 'Million Dollar Baby' (2004).





3. Joel Coen

Dunia perfilman Hollywood juga tak terlepas dari duet dinamis Coen Brother yakni Joel David Coek dan Ethan Jesse Coen. Sutradara dan penulis, Joel telah bekerja sama dengan produser dan penulis Ethan untuk berkolaborasi pada beberapa film humor khas (Fargo, The Big Lebowski) pada 20 tahun terakhir.

Dari kerjasama tersebut, mereka berhasil masuk nominasi 10 kali di Academy Awards. Mereka berhasil menerima awards pertama mereka sebagai Best Picture dan Sutradara Terbaik tahun 2008 dalam film adaptasi 'No Country for Old Men'.




4. Steven Soderbergh

Pria kelahiran 14 Januari 1963 ini dianggap sebagai seorang pembuat film yang menakjubkan. Ia juga produktif dan menghasilkan salah satu dari film Indie yang paling berpengaruh berjudul 'Sex, Lies, and Videotape'.

Pria ini juga mengarahkan dan berhasil mengantarkan Julia Roberts menerima Piala Oscar sebagai Aktris Terbaik di Academy Awards berkat perannya di film besutannya, 'Erin Brockovich' . Pria bernama lengkap Steven Andrew Soderbergh ini berhasil mendapatkan Piala Oscar sebagai Sutradara Terbaik.





5. David Fincher

Pemilik nama David Leo Fincher ini adalah sutradara yang sangat selektif. Ia telah membuat dua film ikonik selama lebih dari 20 tahun terakhir ini yakni 'Se7en' dan 'The Fight Club'. Dan yang terbaru adalah film 'The Social Network'.





6. Peter Jackson

 

Sutradara kenamaan kelahiran 31 Oktober 1961 adalah seorang sutradara, produser dan aktor serta penulis naskah asal New Zealand. Ia masuk dalam daftar sutradara top karena film triloginya, 'The Lord of the Rings'. Sutradara ini juga sukses merekame film 'King Kong' hingga masuk jajaran film box office.









7. Ron Howard

Sutradara kelahiran Oklahoma, Amerika Serikat, pada 1 Maret 1954 ini sempat membuat umat Kristen di seluruh dunia jengkel karena berani mengangkat novel karya Dan Brown berjudul 'The Da Vinci Code' (2006) ke layar lebar, serta 'Angel and Demon' (2008). Meski dikecam, film itu sukses di pasaran. Ron yang pernah bermain dalam serial Happy Days mulai diakui sebagai sutradara hebat, setelah meraih Oscar untuk kategori sutradara terbaik dan gambar terbaik untuk film 'A Beautiful Mind' (2001). Debutnya sebagai sutradara berawal ketika dia menyutradarai film 'Grand Theft Auto' (1977).

No comments:

Post a Comment