Monday, October 31, 2011

Ra One Hanya Hebat di Special Effect

Tak perlu diragukan kehebatan Bollywood dalam memproduksi film. Kali ini industri film di India itu memasarkan sebuah film tentang pahlawan super setara dengan film superhero yang diproduksi Hollywood; Ra.One. Film yang disebut-sebut sebagai termahal di Bollywood ini kini tengah merambah berbagai negara, termasuk Indonesia.

Shah Rukh Khan memegang peranan utama dalam film yang menggabungkan kehebatan superhero Spider-man dan Iron Man ini. Sayang, sejumlah kalangan yang telah menyaksikan pemutaran perdana film ini mengatakan kalau cerita film ini kurang menarik, meski special effect-nya luar biasa.

Khan, yang juga menjadi produser film, melakukan pemasaran besar-besaran untuk mempromosikan film senilai US$30 juta ini. Sejumlah pengamat mengatakan, belanja iklan film yang diputar di sekitar 3.500 bioskop di India dan ribuan bioskop di seluruh dunia itu telah menghabiskan dana sebanyak 70% dari biaya produksi.

Iklan surat kabar satu halaman, suvenir film, video dan game online serta aplikasi di iPhone dan iPad digunakan untuk pemasaran. Namun, masih harus dilihat apakah film itu memang seperti yang diharapkan banyak orang.

Dalam wawancara dengan BBC, Khan menyanggah bahwa superhero yang diangkatnya ke layar lebar ini meniru karakter superhero Hollywood.

"Bila teknologi berkembang, kami dapat bersaing dengan Hollywood dalam bidang kualitas. Namun sepanjang kami belum bisa bersaing dari sisi kualitas, kami belum dapat bersaing," kata Khan.

"Kami mencoba membuat film Bollywood seperti halnya film Hollywood, jadi kami tetap mengarah ke sana," tambahnya.

Harian Times of India menyebut Ra.One "film fiksi sains" yang membuat "adrenalin orang meningkat". Namun situs hiburan Rediff Movies menyebut film itu "krisis usia menengah Shan Rukh Khan yang paling mahal." Situs itu menggambarkan cerita film yang panjang dan tidak terkait satu sama lain. Namun badan penyiaran Hindi Zee News memuji film yang disebut memiliki special effect yang memukau. Tetapi di luar kritikan itu, film itu diperkirakan akan tetap laris.

Film itu juga menampilkan aktor Kareen Kapoor dan Arjun Rampal. Musik dalam film itu digarap oleh Vishal Dadlani dan Skekhar Ravjiani. Ra.One pada mulanya direncanakan diluncurkan bulan Juni namun ditunda untuk menggarap tambahan special effect dan tiga dimensinya.
(sumber; BBC)

No comments:

Post a Comment