Tuesday, February 14, 2012

The Artist, Film Terbaik Versi Bafta

Kejutan besar terjadi dalam ajang British Academy of Film and Television Arts (Bafta) Awards, sebuah ajang penghargaan bagi insan perfilman di Inggris yang mirip dengan penghargaan Oscar di Amerika Serikat atau Piala Citra di Indonesia. Sebab, di tengah derasnya penggunaan teknologi modern dalam pembuatan sebuah karya sinematografi, film yang dibuat seperti pada era Charlie Chaplin muncul sebagai film terbaik.

'The Artist', film yang disutradarai Michel Hazanavicius, sukses mengalahkan empat nominator lain untuk kategori Best Film, yang dibuat dalam format seperti layaknya film modern. Yakni 'The Descendants', 'Drive', 'The Help', dan 'Tinker Tailor Soldier Spy'. 'The Artist' merupakan sebuah film yang dibuat dalam format hitam putih dan bisu. Menonton film ini jelas membuat orang terbawa ke era 1950-1960an dimana film dibuat masih dalam format seperti itu, termasuk film-film kocak Charlie Chaplin.

Hebatnya, film berformat jadul ini meraih 12 nominasi, dan selain terpilih menjadi film terbaik, film ini juga meraih penghargaan untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Kostum Terbaik, Sinematografi Terbaik dan Musik Terbaik. Pemeran utama pria di film ini adalah Dean Dujardin.

'The Artist' bercerita tentang para bintang film bisu yang kariernya hancur akibat kemunculan film bersuara. Selain meraih 7 penghargaan di Bafta, film ini juga meraih penghargaan di ajang Golden Globes Awards.

"Saya senang mendapat penghargaan ini, namun yang membuat saya lebih senang karena Brad Pitt yang membacakan pemenang kategori Sutradara Terbaik dapat menyebutkan nama saya dengan baik," ujar Michel Hazanavicius, sang sutradara 'The Artist'.

Bafta Awards 2012 diselenggarakan pada Minggu 12 Februari 2012 di Royal Opera House, London. Dalam ajang ini, aktris senior Meryl Streep meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik berkat aktingnya yang ciamik sebagai Margaret Thatcher dalam dalam film 'The Iron Lady'.

Baftas selalu digelar sebelum ajang Academy of Motion Picture Arts and Sciences (Oscars) diselenggarakan di Amerika. Tahun ini, Oscar akan diselenggarakan di Los Angeles pada 26 Februari.

No comments:

Post a Comment